Tempat Wisata di Papua Barat

tentang.org
0
Tempat Wisata di Papua Barat dan Aksesnya

Papua adalah bagian dari Indonesia yang terletak di sebelah timur. Sejak dulu, ada banyak hal potensial untuk dieksplorasi di sini terutama dalam hal tujuan wisata. Ya, daerah ini mungkin tidak memiliki taman bermain yang besar seperti di kota-kota besar. Namun, bentang alam Papua memang surgawi. Daerah ini dikelilingi oleh lautan dengan makhluk yang indah. Salah satu yang paling populer mungkin adalah Raja Ampat yang sudah dikenal sebagai tempat terbaik untuk menyelam dan aktivitas air lainnya. Jadi, apakah itu satu-satunya? Tentu masih banyak yang lain. Berikut beberapa objek wisata di Papua Barat yang wajib Anda kunjungi.

Rekomendasi Wisata Papua Barat
Rekomendasi Wisata Papua Barat

Objek Wisata Terkenal di Papua Barat

Situs Arkeologi Tapurarang, Fakfak
Situs ini berada di Kecamatan Kokas, Kabupaten Fakfak, Papua Barat. Sedikit, situs arkeologi tidak lebih dari sekedar tebing berbatu. Namun, begitu Anda pergi ke sana, dapat dilihat sesuatu yang unik; lukisan telapak tangan manusia dan hewan yang diperkirakan ada sejak zaman prasejarah. Yang membuat tempat ini semakin indah adalah warna lukisan yang tidak pernah luntur. Lukisan itu dibuat dari bahan-bahan alami. Yang merah bahkan diklaim terbuat dari darah manusia. Ini memang menyeramkan tapi tetap luar biasa.

Wisata Laut di Raja Ampat

Dari sekian banyak tempat wisata di Papua Barat, Raja Ampat mungkin yang paling populer. Berkat keindahan bentang alam bawah laut serta terhamparnya sekitar 610 pulau kecil. Uniknya, hanya ada 35 pulau yang telah dihuni manusia. Terumbu karang Raja Ampat diklaim paling lengkap di dunia. Lebih dari itu, juga terdapat lebih dari 1.100 jenis ikan, 669 jenis Moluska, dan masih banyak lagi yang lainnya di hampir seluruh bagian lautan. Untuk ketenaran Raja Ampat, sepertinya tempat ini yang paling mudah dijangkau. Hambatan berkunjung ke Papua pada dasarnya adalah infrastruktur dan sarana yang belum berkembang. Namun di Raja Ampat, segalanya terasa lebih mudah dibandingkan tempat lain.

Taman Nasional Teluk Cendrawasih

Apakah Anda pecinta menyelam? Jika ya, mengunjungi tempat ini adalah suatu keharusan. Teluk Cendrawasih dikenal sebagai taman air laut terbesar di Indonesia. Sekali lagi, Anda dapat menikmati berbagai spesies air dengan bentuk dan warna yang indah. Beberapa di antaranya adalah Butterfly Fish, Angel Fish, Anemone, Damsel Fish, dan masih banyak lagi. Menariknya, spesies tersebut jarang ditemukan di tempat lain bahkan di daerah tropis. Setelah puas menyelam, Anda bisa menikmati pemandangan dalam gua. Gua ini terbentuk pada zaman prasejarah bersama dengan sumber mata air dengan kadar belerang yang tinggi.

Akses dan Transportasi

Beberapa tahun lalu, mencapai tempat-tempat wisata di Papua Barat bukanlah sesuatu yang mudah karena sarana transportasi yang terbatas. Untungnya, itu telah dikembangkan dengan baik baru-baru ini. Ada beberapa bandara besar antara lain Bandara Dominique Edward Osok di Sorong, Bandara Fakfak, dan Bandara Rendani di Manokwari. Selain itu, transportasi darat juga semakin mudah untuk pembangunan jalan-jalan besar di beberapa daerah.

Sumber : West Papua Story

Posting Komentar

0Komentar

Posting Komentar (0)

#buttons=(Accept !) #days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Check Now
Accept !