Referensi Biografi Terbaik

tentang.org
0

Tentang Biografi - Tokoh Masyarakat (Public Figure)


Biografi adalah riwayat kehidupan seseorang yang dikumpulkan informasinya namun yang menjadi penulis adalah orang lain. Sederhananya adalah kisah hidup yang ditulis oleh orang lain, sedangkan autobiografi ditulis sendiri oleh sang pemilik kisahnya, seperti buku harian (diary).

Autobiografi dan biografi adalah format umum untuk menceritakan sebuah kisah. Penulisan autobiografi berbeda dengan biografi, meskipun sama-sama menggambarkan karakter cerita kehidupan atau riwayat hidup seseorang. Mengutip dari tentang.org sebagai Referensi Biografi Terbaik berikut penjelasannya.


Referensi Biografi Terbaik
Referensi Biografi Terbaik


Apa itu Biografi?

Biografi, juga disebut bio, adalah karya non-fiksi yang memberikan penjelasan objektif tentang kehidupan seseorang. Biografi bisa jadi seseorang yang masih hidup sampai sekarang, atau bisa juga subjek seseorang yang hidup bertahun-tahun yang lalu. Selama sumber informasi bisa dipertanggungjawabkan, maka boleh ditulis menjadi biografi. 

Biografi mencakup perincian peristiwa penting yang membentuk kehidupan subjek, dan informasi tentang tempat lahir, pendidikan, pekerjaan, dan hubungan mereka. Penulis biografi menggunakan sejumlah sumber penelitian, yang meliputi wawancara, surat, buku harian, foto, esai, buku referensi, dan surat kabar. Meskipun biografi biasanya dalam bentuk tertulis, namun dapat pula diproduksi dalam format lain seperti komposisi musik atau film. Penulis dapat melakukan beberapa wawancara dengan orang yang dituju untuk mendapatkan gambaran tentang kehidupan mereka.

Jika orang yang menjadi target biografi sudah wafat, maka penulis membutuhkan penelitian yang sangat banyak. Wawancara diperlukan lebih banyak untuk mengumpulkan informasi dari para ahli sejarah, orang-orang yang mengenal orang tersebut (misalnya, teman dan keluarga). Atau membaca catatan lama lainnya dari orang lain yang menulis tentang orang tersebut di tahun-tahun sebelumnya. 


Tujuan Biografi

Tujuan dari sebuah biografi adalah untuk membawa pembaca melalui kisah hidup orang tersebut, termasuk masa kanak-kanak hingga remaja dan remaja, dan kemudian kehidupan dewasa awal hingga sisa tahun-tahun mereka. Biografi tersebut menceritakan sebuah kisah tentang bagaimana orang tersebut mempelajari pelajaran hidup dan cara orang tersebut menjelajahi dunia. Pengisahan harus memberi pembaca gambaran yang jelas tentang kepribadian, sifat, dan interaksi seseorang di dunia. Umumnya orang yang membuat biografi adalah orang yang menjadi tokoh masyarakat (public figure), atau perjalanan hidupnya sangat menyentuh atau berarti untuk dibagikan sebagai pembelajaran, motivasi dan sebagainya. Biografi dapat ditulis dengan atau tanpa izin subjek, dengan catatan sumber informasi bisa dipertanggungjawabkan.

Biografi juga dapat difokuskan pada sekelompok orang dan bukan hanya satu orang. Misalnya, biografi bisa menjadi catatan sejarah sekelompok orang dari ratusan tahun yang lalu. Grup ini dapat memiliki tokoh utama yang merupakan bagian dari grup, dan penulis menulis tentang grup tersebut untuk menceritakan kisah tentang bagaimana mereka membentuk dunia.


Tentang.org menyediakan wadah untuk memberikan informasi tambahan mengenai tokoh masyarakat (public figure). Referensi Biografi Terbaik yah tentang.org 

Posting Komentar

0Komentar

Posting Komentar (0)

#buttons=(Accept !) #days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Check Now
Accept !