Pengertian Hand Tools dan Fungsinya

tentang.org

Macam - Macam Hand Tools, Pengertian Dan Fungsinya


Kali ini Sobat Fokus Kencana mau berbagi info macam - macam hand tools dan fungsinya. Hand tools adalah alat yang dalam penggunaannya masih tergantung / mengandalkan tenaga manusia sebagai sumber tenaga utama dalam pengoperasiannya.

Sebaliknya, berbeda dengan power tool. Power tool adalah alat yang dalam penggunaannya menggunakan tenaga bantu dari mesin. Ya, untuk power tool, sumber tenaga utama untuk mengoperasikan alat - alat tersebut membutuhkan sumber tenaga lain seperti misalnya tenaga listrik, atau tenaga angin bertekanan, dan sebagainya.

ilustrasi hand tools
ilustrasi Hand Tools

Nah kali ini, Sobat Fokus Kencana akan berbagi informasi tentang macam-macam hand tools, pengertian dan fungsinya yang umum dipakai di bengkel otomotif seperti bengkel mobil atau bengkel sepeda motor. Berikut adalah macam-macam hand tools, pengertian dan fungsinya yang umum digunakan di bengkel otomotif.

SPANNER / WRENCH
Kunci - spanner - wrench
Kunci - kunci (spanner / wrench) adalah alat kerja mekanik yang terbuat dari bahan besi baja yang sudah dikeraskan serta dilapisi lapisan chrome (Cr) atau nikel (Ni) agar tidak mudah aus dan rusak. Fungsi kunci - kunci ini digunakan untuk memutar (mengencangkan dan melepas) baut atau mur.

Pada bengkel otomotif terdapat beragam jenis kunci yang umum dan banyak dipakai oleh para mekanik. Berikut jenis - jenis kunci yang umum dipakai di bengkel.

  • Kunci pas ; Kunci pas memiliki ciri di kedua ujungnya memiliki bentuk kunci seperti huruf "C" atau "U" dengan ukuran yang berbeda antara ujung satu dengan ujung lainnya.
  • Kunci ring ; Kunci ring memiliki ciri di kedua ujungnya memiliki bentuk kunci seperti cincin / ring dengan ukuran berbeda antara ujung satu dengan ujung lainnya.
  • Kunci kombinasi ; Kunci kombinasi memiliki bentuk kunci seperti kunci pas dan ujung sisi lainnya seperti kunci ring. Umumnya memiliki ukuran yang sama.
  • Kunci socket (shock) ; Kunci socket memiliki bentuk seperti tabung silinder yang bisa dipasangkan pada ratchet atau bar. Ukurannya sangat banyak dan beragam ada yang 6 point dan 12 point.
  • Kunci inggris ; Kunci inggris merupakan kunci yang ukuran kuncinya dapat di setel - setel ukurannya sesuai dengan kebutuhan.

SCREW DRIVER
obeng - screw driver
Obeng (screw driver) adalah alat yang digunakan untuk membuka atau mengencangkan sekrup. Secara umum, terdapat dua macam jenis obeng yaitu obeng plus atau obeng kembang (memiliki mata obeng berbentuk ( + ) dan digunakan untuk membuka / mengencangkan sekrup berkepala ( + ), serta obeng min (memiliki mata obeng berbentuk ( - ) dan digunakan untuk membuka/mengencangkan sekrup berkepala ( - ).

Namun begitu, pada bengkel otomotif terdapat beragam jenis - jenis obeng, mulai dari plus dan minus, obeng torx, obeng hex hingga obeng ketok. Untuk lebih lengkapnya tentang macam-macam obeng ini silahkan baca pada artikel macam-macam obeng dan fungsinya yang sudah pernah ombro posting sebelumnnya.

PLIER
macam - macam tang dan fungsinya
Tang (plier) adalah alat yang di gunakan untuk menjepit dan memegang benda kerja sehingga memudahkan mekanik dalam melakukan pekerjaannya. Alat hand tools berupa tang (plier) ini dapat digunakan juga untuk berbagai macam keperluan tergantung dari bentuk dan macam-macam tang yang digunakan.

Berikut beberapa macam tang dan fungsinya yang umum digunakan di bengkel otomotif

  • Tang kombinasi (Combination plier) memiliki fungsi untuk memegang benda kerja, memotong kabel / kawat, hingga membengkokkan logam yang tipis.
  • Tang potong (side cutting plier) memiliki fungsi untuk memotong kawat atau kabel.
  • Tang lancip (long nose plier) memiliki fungsi untuk menjepit benda pada ruang sempit, memotong dan melilit kabel / kawat.
  • Tang slip (slip joint plier) memiliki fungsi untuk memegang benda kerja dengan ukuran yang beragam karena tang slip ini memiliki rahang yang dapat diperbesar, dan lain - lain.

HAMMER
macam - macam palu dan fungsinya
Palu (hammer) adalah alat yang digunakan untuk memberikan tumbukan pada benda kerja sehingga terjadi tekanan (memukul benda kerja). Palu yang digunakan pada bengkel otomotif memiliki bentuk dan model yang bermacam - macam dan sangat tergantung pada meterial benda kerja yang dikerjakan.

Berikut beberapa macam palu dan penggunaannya

  • Palu konde (ball peen hammer) digunakan untuk memukul benda logam yang keras seperti paku, besi, baja, dll.
  • Palu tembaga (copper hammer) digunakan untuk memukul benda kerja dari logam keras dengan tujuan untuk mencegah perubahan bentuk pada benda kerja tersebut (mencegah kerusakan benda kerja).
  • Palu karet (rubber mallet hammer) digunakan untuk memukul benda kerja dari plat untuk mencegah kerusakan permukaan plat.
  • Palu godam (sledge hammer) benda dan logam yang keras dengan tujuan untuk membongkar, menggedor atau untuk menghancurkan benda tersebut.

Selain daripada yang sudah disebutkan diatas, masih banyak terdapat jenis dan macam-macam hand tools yang digunakan di bengkel otomotif seperti contohnya kikir, gergaji, kape (gasket scrapper), kunci L, kunci T, crow bar, pahat, penitik, dan lain-lain. Untuk lebih lebih lengkapnya tentang tools lainnya, sobat bisa membacanya pada artikel katalog official web Fokus Kencana

Fokus Kencana sudah dikenal terbaik sebagai distributor hand tools, perkakas, kunci socket, kunci ratchet, kunci ring pas, wrench, spanner, adjustable wrench, kunci inggris, kunci pipa, torque wrench, plier, tang, obeng, toolbox, hammer, copper hammer, palu tembaga, brass hammer, palu kuningan, dll. 

#buttons=(Accept !) #days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Check Now
Accept !